Loading...
BeritaBreaking NewsResearch & SurveySurvey & Analisis

3 Kandidat Capres #2019GantiPresiden Versi RTK: Prabowo, AHY dan Gatot

Prabowo Subiantoo dan Agus Harimurti Yudhoyono (Foto: Jafri Anto/kumparan)

Lembaga survei yang relatif baru, Roda Tiga Konsultan (RTK), kembali merilis hasil survei terkait Pemilu 2019. Mereka mengukur elektabilitas capres-cawapres hingga isu #2019GantiPresiden.

Namun sebagaimana hasil survei sebelumnya, RTK menempatkan Agus Harimurti Yudhoyono sebagai tokoh yang diperhitungkan. Dalam membahas isu #2019GantiPresiden, RTK mengklaim mayoritas dari 1.610 responden, mendukung gerakan ini.

“38,3 persen menyatakan setuju 2019 ganti presiden,” ucap Direktur Riset Roda Tiga Konsultan Rikola Fedri dalam paparan survei di Jakarta, Kamis (24/5).

Survei Pemilu 2019 (Foto: Dok RTK)

Rikola mengatakan data yang setuju dan tidak setuju itu masih dalam rentang margin of error (2,5%). Artinya peluang Jokowi untuk memenangkan Pilpres masih 50:50.

“Yang setuju ganti presiden signifikan secara statistik,” ujarnya.

RTK kemudian mengukur siapa tokoh yang dijagokan untuk menjadi calon presiden dari gerakan #2019GantiPresiden itu. Seperti bisa ditebak, RTK menempatkan AHY setelah Prabowo.

Survei Pemilu 2019 (Foto: Dok RTK)

“47,7 persen pilih Prabowo,7,8 AHY, Gatot 6,7 dan seterusnya,” terang Rikola.

Sementara, dalam survei elektabilitas capres, RTK konsisten menempatkan AHY dalam nomor tiga, meski angkanya masih dirilis jauh dari Prabowo hanya 4,1%. Namun dibanding rilis RTK sebelumnya, angka AHY ini meningkat dari 2,7 persen.

Survei Pemilu 2019 (Foto: Dok RTK)

Sementara untuk cawapres, sudah bisa ditebak AHY ditempatkan di nomor urut satu dengan skor 18%. RTK mencoret nama Jusuf Kalla sebagai kandidat cawapres. (Beberapa lembaga survei memang tak memperhitungkan JK karena perdebatan UU. Namun paling umum lembaga survei membuat dua simulasi cawapres dengan dan tanpa memasukkan JK).

Survei Pemilu 2019 (Foto: Dok RTK)
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Hit Counter provided by technology news